Cara Perawatan Ikan Koi dan Cara Budidaya

Cara Perawatan Ikan Koi dan Cara Budidaya - Ikan Koi merupakan jenis dari bangsa  Cypriniformes yang dipelihara untuk mempercantik isi rumah, ikan Koi itu berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang sehingga nama Koi sendiripun berasal dari bahasa jepang. didalam dasarnya ikan koi sama dengan ikan mas hasil persilangan dari beraneka warna ikan mas(karper). Bertahun-tahun yang lalu, para petani di Niigata Jepang mencari sumber protein pada saat musim dingin yang panjang . mahluk-mahluk itu memelihara ikan karper di kolam sampai orang-orang itu mencapai ukuran tertentu. Pada akhirnya para petani menyadari bahwasanya beberapa dari ikan mas tersebut mempunyai warna yang berbeda, sehingga orang-orang ini senantiasa memelihara dan dibesarkan.Jenis ikan koi ini berkerabat dekat dengan jenis ikan mas, oleh itu kebanyakan orang menamai ikan itu dengaan cap ikan mas koi yang aslinya  adalah misnomer. Di jepang sendiri, ikan Koi ini  dianggap  sebagai pembawa keberuntungan bagi yang memeliharanya.Salah satu daya tarik yang paling menonjol  dari ikan koi ini yaitu dari sosok dan warna tubuhnya yang paling indah dan menarik.



Dari amat banyak jenis ikan  Koi yaitu yang mencapai 80 spesies namun Untuk memudahkan penggolongan pada waktu kontes, maka koi di golongkan dalam 16 elemen warna, akan tetapi  hanya  ada 3 varietas saja yang selalu dijadikan  pemeran utama  dan yang paling banyak disukai oleh orang-orang, hingga disetiap mengikuti perlombaan, ketiga jenis varietas itulah yang amat sering memenangkan Grand Champion, yaitu jenis KOHAKU , TAISHO SANKE dan SHOWA SANSHOKU, sehingga ketiga corak ikan ini dalam tata bahasa jepang  sering  disebut denga  GOSANKE  atau 3 besar .

Cara Perawatan Ikan Koi

hal terutama yang harus dilakukan  dalam perawatan ikan koi yakni faktor tempat. Salah satu tempat ikan koi yang bagus yaitu kolam, namun  empang ikan koi yang baik harus sesuai dengan  “keinginan” ikan koi tersebut, dalam terjemahan kita-kita terpaksa menyesuaikan kebiasaan kehidupan ikan koi yang kami pelihara  apabila bertempat di dalam kolam.

jika kami mengenal apakah  “keinginan” ikan koi tersebut, maka secara otomatis hidup dari ikan koi di dalam empang yang kita sediakan akan berlangsung baik karena ikan dapat beradaptasi dengan kolam yang kita buat sehingga ikan pun hendak merasakan perkembangan  yang cukup baik.

Ada beberapa tahapan atau hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat kolam ikan koi, diantaranya:

1. Penyinaran yang cukup
Ikan koi akan terlihat indah dan manis jika ikan tersebut terkena sinar matahari, maksudnya ikan  koi akan tumbuh dengan baik  dan mempunyai bentuk yang mencolok bila kolam yang ditempati  terkena sinar matahari.

Dalam 24 jam biasanya  koi memerlukan sinar matahari secara langsung selama 3 jam terlebih lagi untuk jenis koi hikari yang mempunyai sisik mengkilap, apabila sampai muncullah kekurangan sinar matahari maka warna sisik yang mengkilap dapat memudar. Selain kurang bagus untuk  corak ikan koi , kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan datangnya  berbagai penyakit. ataupun perlu kita tahu bahwa sinar matahari yang menyinari empang dapat menyebabkan  berkembangnya ganggang spirulina yang baik untuk ikan , yang mana ganggang tersebut tertelan ikan, hal itu akan menambah kualitas warna ikan koi.

2. empang Untuk Ikan Koi
Bentuk kolam untuk ikan koi tidak begitu bermasalah,namun  yang harus diperhatikan adalah  kolam yang akan di pakai ikan koi harus mempunyai dasar dan dinding yang halus serta  pada sudut empang harus tumpul yang berguna  untuk menghindari  ikan koi dari luka terkena diding kolam yang kasar. Karena salah satu kebiasaan ikan koi adalah suka menggesekan bodinya kedalam dinding serta dasar kolam.

3. Kualitas Air Kolam Koi
Air yang digunakan dalam kolam ikan koi harus yang bersih dan sehat, bagi mengurus kualitas air agar tetap sehat dan bersih, bagi menjaga supaya air tetap bersih  bisa dilakukan dengan cara memajang filter untuk membantu menjernihkan air. Selain ini di kolam koi juga bisa terlebih aerator untuk menyuburkan air ditengah kolam. Semburan air yang keluar dapat menimbulakan gelembung-gelembung udara yang dapat mengahasilkan zat pembakar bagi ikan. Aerator bisa membangun arus pada air kolam sehingga ikan koi akan sering bergerak sehingga tubuh ikan semakin sehat.

Untuk menjaga kesegaran bodi ikan koi sebaiknya tambahkan PSB-bio healthy dan refresh. PSB berfungsi untuk meningkatkan amonia sehingga air tetap jernih, namun fitrah suplemen tersebut alangkah baiknya diberikan pada sore hari. Sementara refresh berisi mineral yang ada di dalam lumpur, karena dasar kolam tercipta dari bahan semen, akan jelas penawar ini paling baik untuk diberikan, dan bisa diberikan 30 hari sekali dengan dosis 180g bagi berbagai 10 ton air. Untuk memasukkan obat tersebut dilarutkan terekstra dahulu dalam satu ember air.