Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan - Kegiatan makan merupakan sebuah kegiatan yang pastinya setiap hari dilakukan oleh setiap manusia, banyak manfaat yang di dapatkan dari melakukan kegiatan makan. Dengan makan kita akan mendapatkan asupan energi untuk tubuh, setelah energi kita terkuras habis setelah melakukan kegiatan sehari hari. Dan Islam sangat menganjurkan bagi umatnya untuk selalu membaca doa sebelum melakukan kegiatan makan.


Dan menurut Nabi Muhammad, barang siapa yang makan namun tidak membaca doa maka setan akan ikut makan dengan orang tersebut. Berarti sudah sangat jelas dengan adanya hadist tersebut, bahwa manfaat membaca doa sebelum makan bisa menghindari dan melindungi kita dari godaan setan yang terkutuk. Dan dibawah  ini bacaan doa sebelum dan sesudah makan yang bisa anda baca.

Doa Sebelum Makan


Selain dianjurkan untuk membaca doa sebelum makan, kita juga sangat dianjurkan untuk membaca doa sesudah makan yang bacaan doanya ada dibawah ini.

Doa Sesudah Makan





Agar makanan yang kita makan berkah dan dapat menyehatkan tubuh,hendaknya kita jangan lupa untuk membaca doa sebelum makan yang kami hadirkan diatas. Jika dirasa doa tersebut terlalu panjang untuk diucapkan, minimal anda membaca basmallah sebelum melakukan santap makan.